HALIMA, NUR (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN INVESTIGASI DI KELAS VIII D MTs NU TRATE GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
BAB I .pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
DATAR PUSTAKA.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
Tujuan pendidikan pada hakikatnya adalah suatu proses terus menerus manusia untuk menanggulangi masalah-masalah yang dihadapi sepanjang hayat. Artinya pendidikan sangat penting untuk bekal manusia dalam menghadapi perubahan keadaan di dunia yang selalu berkembang. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mewujudkan learning society dimana setiap anggota masyarakat berhak mendapatkan pendidikan (education for all) dan menjadi pembelajar seumur hidup (long life education). Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bahkan oleh sebagian pelajaran dianggap menakutkan. Pembelajaran konvensional yang sering diterapkan oleh guru membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh serta gairah belajar berkurang sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yakni terjadinya penurunan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran sebagai alternatif agar terjadi peningkatan terhadap hasil belajar adalah dengan Pendekatan Investigasi. Dengan pembelajaran tersebut, diharapkan peserta didik aktif dalam proses belajar dan materi yang disampaikan tertanam dalam ingatan mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIID MTs NU Trate Gresik. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 42 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan Pendekatan Investigasi pada materi operasi perkalian bentuk aljabar meningkatkan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Dengan siklus I ketuntasan peserta didik dari siklus I yang mendapat nilai ≥ 75 sebanyak 33 dari 42 peserta didik terjadi peningkatan ketuntasan peserta didik pada siklus II sebanyak 36 dari 42 peserta didik, dan ketuntasan hasil belajar klasikal dari siklus I ketuntasan mencapai 78, 57% terjadi peningkatan pada siklus II ketuntasan mencapai 85.71%. Dimana indikator peningkatan hasil belajar secara klasikal mencapai ≥ 80%. Oleh karena itu, pembelajaran matematika dengan Pendekatan Investigasi mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 02:03 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 02:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2560 |
Actions (login required)
View Item |