PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA HANDS-ON EQUATIONS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI

JANNAH, NURUL (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA HANDS-ON EQUATIONS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pelajaran matematika sering kali diangap sulit dan kurang dimintai oleh peserta didik, maka guru diharapkan dapat memberikan situasi yang menyenangkan. Pesatnya perkembangan teknologi pada saat ini sangat cepat, salah satunya media pembelajaran antara lain multimedia komputer, televisi, radio, modul. Akan tetapi, media yang mempunyai lebih banyak keunggulan yaitu multimedia komputer karena setiap informasi yang berupa teks, suara, animasi dan gambar dapat ditunjukkan secara bersama-sama. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media yang berbasis macromedia flash 8 dengan tujuan agar memotivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proes pengembangan media hands-on equation berbasis macromedia flash 8. Model pengembangan 4D Thiagarajan termodifikasi. Tiga tahap yang dilakukan peneliti ini adalah Define (pendenefisian), Design (perencanaan), dan Develop (pengembangan). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan memvalidasi kepada para ahli, memberikan angket kepada peserta didik terhadap respon media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan media yang dilakukan peneliti menentukan medi yang dikembangkan menghasilkan media yang valid dan praktis setelah melakukan validasi ke para validator, rata-rata nilai hasil validasi yaitu 83,91% dengan kategori valid ketuntasan belajar klasikal terpenuhi dan respon peserta didik sebesar 77,3%. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:03
Last Modified: 07 Aug 2019 02:03
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item View Item