FILAWATI, . (2016) NILAI-NILAI EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SYURGA KARYA TERE LIYE. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (145kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai EQ (Emotional Quotient) yang terdapat dalam novel Bidadari-Bidadari Syurga karya Tere Liye. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai buku dan sumber. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kulatatif dengan menggunakan teknik pustaka, simak dan catat untuk memperoleh data yang diperlukan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Trangulasi data yaitu tehnik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data yang diperoleh. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data secara dialektika. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Novel BidadariBidadari Syurga merupakan karya sastra yang banyak mengandung nilai-nilai EQ (Emotional Quotient) yang meliputi; a). Mengenali emosi diri, termasuk didalamnya sadar diri, tenggelam dalam permasalahan dan pasrah. b). Mengelola emosi, meliputi penguasaan diri, mengendalikan amarah, mengatasi kecemasan dan menangani kesedihan. c). Memotivasi diri, terdiri dari kecakapan utama, kendali dorongan hati, mengatasi hati risau pikirankacau, dan optimisme. d). Mengenali emosi orang lain (empati). e). Membina hubungan. 2). Terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Bidadari-Bidadari Syurga. Secara keseluruhan dapat dikatakan jika hubungan keduanya banyak ditujukan pada perbaikan sikap mental pada proses pembentukan kepribadian yang matang untuk membentuk insan kamil, dimana pada nantinya akan teraplikasikan dalam perilaku akhlakul karimah. Novel yang sarat dengan nilai-nilai pendidikan, proses pembelajaran dan cara menyikapi hidup dalam setiap kondisi meskipun tidak menyenangkan, menyedihkan atau bahkan menyakitkan. Merupakan novel yang patut dijadikan media ataupun referensi bagi para pendidik dalam mendidik peserta didik, juga dalam proses pencapaian tujuan pendidikan itu sendiri
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Islamic Education Islamic Religion Education |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 11:37 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 11:37 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2769 |
Actions (login required)
View Item |