PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH, SNOWBALL THROWING DAN BERMAIN JAWABAN POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS III SDM GKB 2 GRESIK

Rahmawati, Eni (2012) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH, SNOWBALL THROWING DAN BERMAIN JAWABAN POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS III SDM GKB 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak 3.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi kita. Peningkatan mutu pendidikan salah satunya ditentukan oleh guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Peranan guru yang sangat penting adalah mengaktifkan dan mengefisienkan proses belajar di sekolah termasuk di dalamnya penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode yang tepat digunakan untuk menyajikan materi pembelajaran adalah metode pembelajaran aktif, diantaranya adalah metode Index Card Match yang mampu menciptakan suasana yang aktif dan menyenangkan, metode Snowball Throwing yang dapat menumbuhkan pemahaman yang mendalam tentang materi pelajaran yang dipelajari, dan metode bermain jawaban dapat mengurangi suasana membosankan di kelas. Sehingga prestasi belajar peserta didik dapat menunjukkan hasil yang memuaskan. Untuk itu peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran index card match, snowball throwing dan bermain jawaban pada pokok bahasan pecahan di kelas III SDM GKB 2 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang berupa pemberian tes kepada tiga kelas yaitu kelas IIIA terdiri dari 26 peserta didik, kelas IIIB yang terdiri dari 25 peserta didik, dan kelas IIIC terdiri dari 25 peserta didik. Bentuk instrumen penelitian ini adalah berupa lembar soal tes dengan materi pokok bahasan operasi hitung campuran (+,-) pada pecahan berpenyebut sama. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa Uji Kruskal Wallis. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa prestasi peserta didik antara ketiga kelas tidak ada perbedaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Index Card Match, Snowball Throwing dan bermain jawaban memiliki tingkat kualitas yang sama.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Additional Information: Eni Rahmawati (08422011)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, Index Card Match, Snowball Throwing, bermain jawaban
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 26 Aug 2019 12:28
Last Modified: 26 Aug 2019 12:28
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2813

Actions (login required)

View Item View Item