QOMARI, MUHAMMAD NUR (2015) HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMP INSAN CENDEKIA MANDIRI BOARDING SCHOOL SIDOARJO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
BAB 1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (264kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang hubungan antara adversity quotient dengan prokrastinasi akademik siswa. Prokrastinasi akademik adalah perilaku penundaan dalam konteks tugas-tugas akademik baik dalam memulai maupun menyelesaikan tugas akademik. Prokrastinasi akademik siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal (kondisi fisik dan psiologis), dan faktor eksternal (gaya pengasuhan orang tua dan kondisi lingkungan). Salah satunya yang dapat mempengaruhi prokrastinsi akademik siswa adalah adversity quotient kemampuan individu dalam menghadapi kesulitan dan tantangan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara adversity quotient dengan prokrastinasi akademik siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. Penelitian ini merupakan tipe penelitian korelasional. Berdasarkan pendekatannya termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII dan IX SMP Insan Cendekia Madiri Boarding School Sidoarjo tahun pelajaran 2013-2014. Metode pengumpulan data dari kedua variabel menggunakan kuesioner yang disusun dalam bentuk skala likert dengan pilihan jawaban Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS), Sangat Tidak Sesuai (STS). Untuk menguji validitas skala menggunakan validitas isi (Content Validity). Reliabilitas diuji dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach dan perhitungannya menggunakan program SPSS 15.0 for windows. Data kedua variabel diolah dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan r hitung = -0,658 lebih besar daripada r tabel yaitu sebesar 0,2199 yang berarti negatif signifikan. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara adversity quotient dengan prokrastinasi akademik siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 07:09 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 07:09 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2833 |
Actions (login required)
View Item |