PENGARUH KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN METODE METRIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA KELAS IV MI ROUDLOTUL ULUM YOSOWILANGUN MANYAR GRESIK

Rozaki, Akhmad (2012) PENGARUH KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN METODE METRIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA KELAS IV MI ROUDLOTUL ULUM YOSOWILANGUN MANYAR GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak 3.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB I,1.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (806kB)
[img] Text
BAB II, 2.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III, 3.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV, 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (441kB)
[img] Text
Daftar pustaka,1.pdf

Download (392kB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dengan maksud mengubah perilaku peserta didik. Sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana dalam mencapai tujuan tersebut. Proses belajar di sekolah dilakukan saat pembelajaran di kelas oleh guru. Saat ini pembelajaran sudah didukung dengan fasilitas yang modern dan berbagai metode yang telah di temukan untuk mempermudah peserta didik dalam proses belajar mengajar, seperti metode metris. Metode metris merupakan salah satu dari berbagai metode yang dipakai untuk mempermudah dalam pembelajaran matematika. Metode ini memberikan beberapa kelebihan dibandingkan dengan metode konvesional yang sudah dipakai sejak dulu dengan hasil yang belum memuaskan. Dengan metode metris peserta didik lebih kreatif lagi dalam menyelesaikan permasalahan dalam soal matematika sehingga lebih membantu peserta didik untuk menyelesaikannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berhitung peserta didik dengan menggunakan metode metris dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Roudhotul Ulum Yosowilangun Manyar tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 43 peserta didik, sedangkan sampel penelitian adalah peserta didik kelas IV yang terpilih sejumlah 32 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Hasil analisis data menghasilkan persamaan regresi = 27,722 + 0,691 . Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,304 artinya sekitar 30% Kemampuan berhitung dengan metode metris mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah soal cerita. Maka ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah soal cerita terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita kelas IV MI Roudhotul Ulum Yosowilangun Manyar Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Additional Information: Akhmad Rozaki (08422007)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung, kemampuan pemecahan masalah, metode metris, soal cerita
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 27 Aug 2019 12:03
Last Modified: 27 Aug 2019 12:03
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2848

Actions (login required)

View Item View Item