PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG DEWASA UMUM RUMAH SAKIT X KABUPATEN GRESIK

AZ-ZAHROH, TAZKIYATUN NAFS (2017) PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG DEWASA UMUM RUMAH SAKIT X KABUPATEN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (279kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa kepuasan yang dialami pasien rawat inap di ruang dewasa umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik merupakan sebuah fenomena yang menarik. Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien rawat inap di ruang dewasa umum Rumah Sakit X yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya (Pohan, 2007:145). Faktor yang mempengarui kepuasan pasien antara lain faktor karakteristik produk/jasa, mutu pelayanan, harga, lokasi, desain visual, image, suasana, lingkungan, emosi yang ditekan, sebab-sebab fisik, dan faktor keturunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di ruang dewasa umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling pada pasien rawat inap di ruang dewasa umum Rumah Sakit X. Sedangkan metode pengumpulan data dari kedua variabel menggunakan kuesioner yang disusun dalam bentuk Skala Likert. Data dari kedua variabel diolah dengan teknik statistik regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 18.0 for windows. Diketahui bahwa rhitung > r tabel (0,834 > 0,181), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Koefisien korelasi positif menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi adalah searah, apabila skor mutu pelayanan kesehatan tinggi maka kepuasan pasien semakin tinggi, begitu pula sebaliknya. Dari hasil R Square sebesar 0,695 dapat dikatakan bahwa sumbangan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien adalah sebesar 69,5%. Hasil perhitungan tabel anova mengindikasikan bahwa regresi secara statistik signifikan dengan nilai F = 263,673 untuk derajat kebebasan k = 1 dan n-k-1 = 117-1-1 = 115 dan P-value = 0,00 > 0,05. Sedangkan perhitungan koefesien thitung = 16,238 dengan derajat kebebasan n-k-1 = 117-1-1=115 dan ttabel = 1,981 maka dapat disimpulkan bahwa mutu pelayanan kesehatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Health
Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:28
Last Modified: 28 Aug 2019 04:28
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2870

Actions (login required)

View Item View Item