MOTIVASI BELAJAR REMAJA USIA 13 – 15 TAHUN YANG KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM MANBAUL ULUM GRESIK

ASTIKARANI, DWI (2018) MOTIVASI BELAJAR REMAJA USIA 13 – 15 TAHUN YANG KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM MANBAUL ULUM GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran bagaimana motivasi belajar remaja usia 13 – 15 tahun yang terbiasa bermain game online dalam keseharianya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif terhadap siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Manbaul Ulum Gresik sebagai unit analisis, sedangkan unit observasi adalah melihat dari dekat tentang kebiasaan remaja usia 13 – 15 tahun dalam bermain game online tersebut. Fokus dalam merupakan periode emas motivasi belajar remaja, yang apabila tidak ditata dan diamati motivasi belajarnya dikhawatirkan akan mempengaruhi kepribadianya kelah bila bertambah dewasa. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Nara sumber wawancara berasal dari guru wali kelas, orang tua, siswa umur 13 – 15 tahun Sekolah Menengah Pertama Islam Manbaul Ulum Gresik. Analisis data menggunakan analissi menggunakan model interaktif yang reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis secara kualitatif diskriptif untuk menguji dan menganalisa sejauh mana pengaruh game online pada motivasi belajar remaja usia 13 – 15 tahun. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa motivasi belajar remaja pengguna game online memang menunjukkan hambatan dalam motivasi belajarnya. Remaja enggan berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang tua, kerabat, atau teman sebayanya, remaja enggan atau malas belajar baik di rumah maupun di sekolah, dan hampir semua waktunya tidak bisa lepas dari bermain game online. Namun bila orang tua dan lingkungan memberi kesempatan pada anak untuk lebih leluasa melakukan kegiatan lain di luar game online, maka remaja pun akan terpengaruh. Karena itu perlu adanya perhatian serius dari para pendidik dan orang tua agar anak tidak kecanduan bermain game online dalam setiap kegiatanya, dengan lebih banyak menyediakan kegiatan lain dan menjalin komunikasi interaktif dengan orang tua, kerabat dan teman sebayanya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Additional Information: DWI ASTIKARANI (12712013)
Uncontrolled Keywords: Game Online, Motivasi Belajar, Remaja Usia 13 – 15 Tahun
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 29 Aug 2019 12:57
Last Modified: 29 Aug 2019 12:57
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2917

Actions (login required)

View Item View Item