PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BARBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

FADLILAH, NUR (2019) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BARBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
(4) ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
(6) BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
(7) BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
(8) BAB III.pdf

Download (467kB)
[img] Text
(9) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
(10) BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
(11) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Berdasarkan informasi yang didapatkan bahwa dalam melakukan evaluasi guru masih menggunakan metode konvensional berupa paper test (kertas) dan tidak menggunakan soal berbasis kontekstual (soal linier). Menurut peserta didik evaluasi seperti itu kurang menarik dan membosankan, sehingga diperlukan alat evaluasi dan soal yang dikaitkan dengan peristiwa nyata yang dapat meningkatkan semangat dan membuka pola pikir peserta didik untuk belajar. Kahoot adalah aplikasi online dimana kuis berupa soal-soal tes dapat dikembangkan dan disajikan dalam format permainan. Harapanya evaluasi menggunakan aplikasi kahoot akan lebih disukai peserta didik dan menambah variasi evaluasi dalam pelajaran matematika dengan memanfaatkan fasilitas yang ada disekolah yaitu ketersediaanya komputer dan jaringan Wi-Fi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel yaitu model 4-D. Uji pengembangan dilakukan pada 28 peserta didik di kelas VII-I SMPN 1 Manyar. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah validasi instrumen, metode tes, metode angket, metode wawancara, metode dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, tes, angket. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh persentase 80% kategoi layak. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 91% kategori sangat layak. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 81% kategori sangat layak. Setelah soal dinyatakan layak maka soal diujicobakan pada 28 peserta didik dan diperoleh ketuntasan secara klasikal sebesar 75%. Untuk mengetahui kualitas soal dilihat dari validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektifitas pengecoh. Hasil analisis kualitas butir soal diperoleh 8 soal kategori baik, 6 soal kategori cukup baik, dan 6 soal dalam kategori tidak baik. Dan hasil respon peserta didik diperoleh persentase 83% dengan kategori sangat menarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi berbentuk test online yang dikembangkan sangat layak sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan (R & D), alat evaluasi, kahoot, kontekstual
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 07 Nov 2019 02:33
Last Modified: 07 Nov 2019 02:33
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item View Item