PENGEMBANGAN MEDIA ELECTRIC BLOOD UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

ZAHRO, FATIMATUZ (2019) PENGEMBANGAN MEDIA ELECTRIC BLOOD UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
12. BAB I baru OK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
13. BAB II baru OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB III baru OK.pdf

Download (397kB)
[img] Text
15. BAB IV baru OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
16. BAB V baru OK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka baru.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Electric Blood untuk materi proses peredaran darah pada kelas V Sekolah Dasar. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model 4-D yang dimodifikasi dan disederhanakan yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan tanpa melakukan penyebaran (disseminate). Hasil pengembangan berupa media pembelajaran Electric Blood yang menggunakan lampu LED strip warna merah dengan mini controler pada papan gambar tubuh manusia. Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas V SDN Karangturi Gresik yang berjumlah 32 peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Dengan analisis data yaitu, analisis kevalidan media pembelajaran, analisis kepraktisan media pembelajaran, dan efektifitas media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data hasil validasi dan data uji coba diperoleh bahwa pegembangan media pembelajaran Electric Blood untuk materi proses peredaran darah manusia kelas V SDN Karangturi Gresik memenuhi kriteria baik, yang sebagai berikut: a) Hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh validator memperoleh presentase 87,50% yang dikategorikan dalam valid dan dapat digunakan saat proses pembelajaran, b) Dikategorikan praktis dari hasil analisis dalam kepraktisan media pembelajaran oleh para validator menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi, c) Dikategorikan efektif dari hasil analisis ketuntasan belajar, hasil presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 90,62%, maka dapat dikatakan ketuntasan belajar peserta didik tercapai, dan presentase hasil respon peserta didik terhadap media Electric Blood sebesar 93,62% dapat dikatakan positif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model 4-D, Electric Blood
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:08
Last Modified: 08 Nov 2019 03:08
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3338

Actions (login required)

View Item View Item