RUSGIYANTO, WAKHID (2020) IMPLEMENTASI METODE SELF ORGANIZING MAP (SOM) UNTUK MENGELOMPOKKAN TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (959kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Smp Murni 1 Surakarta merupakan salah satu sekolah swasta yg ada di kota Surakarta di provinsi Jawa Tengah. Dalam proses belajar di sekolah pihak pendidik harus memahami kemampuan masing-masing siswanya dalam menguasai suatu materi yang diajarkan di sekolah karena hal ini sangat menentukan prestasi masing-masing siswa. Dengan melakukan cluster untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam menghadapi Ujian Nasional dengan variabel rata-rata nilai raport semester 1 dan 2 serta nilai mata pelajaran inti Ujian Nasional pada semester 1 dan 2 menggunakan metode Self Organizing Map sebagai salah satu teknik untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam menghadapi Ujian Nasional di Smp Murni 1 Surakarta. Berdasarkan hasil cluster tingkat pemahaman siswa dalam menghadapi Ujian Nasional di Smp Murni 1 Surakarta pada angkatan 2016, 2017 dan 2018 dari data yang diuji berjumlah 215 siswa, maka didapatkan nilai DBI yang paling baik adalah 0.24 dengan nilai laju pembelajaran 0.6, fungsi pembelajaran 0.7 dan jumlah iterasi 2.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem, Tingkat Pemahaman, metode SOM |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 03:42 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 05:44 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3483 |
Actions (login required)
View Item |