HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PERHATIAN ORANG TUA DENGAN TINGKAT MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS 4 DAN 5 SDN KLANGONAN GIRI KEBOMAS GRESIK

Khaqiqiyah, Nur and Laily, Nadhirotul (2013) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PERHATIAN ORANG TUA DENGAN TINGKAT MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS 4 DAN 5 SDN KLANGONAN GIRI KEBOMAS GRESIK. Jurnal Psikosains, 5 (2).

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PERENCANAAN KARIER DENGAN TINGKAT SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.pdf

Download (379kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan anak pada hakikatnya adalah tanggung jawab orang tua. Orang tua adalah pengasuh, pendidik dan membantu proses sosialisasi. Perhatian orang tua adalah cara orang tua memberikan bimbingan belajar di rumah, mendorong dan memberikan pengarahan pentingnya belajar serta memperhatikan kebutuhan alat yang menunjang pelajaran Penelitian ini merupakan tipe penelitian korelasional. Berdasarkan pendekatannya termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah laki-laki dan perempuan kelas 4 & 5 SDN Klangonan Giri Kebomas Gresik. Metode pengumpulan data dari kedua variabel menggunakan kuesioner yang disusun dalam bentuk skala likert. Kedua variabel diolah menggunakan korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan nilai r = 0,417, p = 0,01, p < 0,05 Dengan demikian hasil perhitungan nilai r lebih besar dari nilai r tabel yang berarti ada hubungan positif antara perhatian orang tua dengan tingkat motivasi berprestasi anak. maka dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Tingkat Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas 4 & 5 SDN Klangonan Giri Kebomas Gresik.

Item Type: Article
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Journal > Psikosains
Depositing User: Mrs. Nadhirotul Laily
Date Deposited: 02 Oct 2020 12:03
Last Modified: 06 Oct 2020 03:43
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4049

Actions (login required)

View Item View Item