Lizah, Rifaam (2021) PENGEMBANGAN MATERI AJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA SEMESTER II SISWA KELAS IV SD. UMGCINMATIC, 1 (2). ISSN 2797-1058 (Submitted)
|
Text
Persetujuan Jurnal.pdf Download (461kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
2025 Restricted to Repository staff only Download (3kB) |
Abstract
Rifaam Lizah (NIM 17 0404 048) Pengembangan Materi Ajar pada Pelajaran Matematika Semester II Siswa Kelas IV SD. Dibimbing oleh Dr. Slamet Asari, M.Pd dan Iqnatia Alfiansyah, M.Pd. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi , ditemukan beberapa masalah yaitu minimnya pemahaman peserta didik pada pelajaran matematika, hal ini dikarenakan materi ajar yang digunakan dalam pembelajaran kurang memfasilitasi proses berfikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar pada pelajaran matematika semester II siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan tiga tahap model 4-D yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Ngemboh Ujung Pangkah Gresik yang berjumlah 15 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data hasil validasi dan uji coba diperoleh bahwa pengembangan materi ajar pada pelajaran matematika semester II siswa kelas IV SD menghasilkan materi ajar yang dikategorikan valid dengan nilai akhir sebesar 95,51% serta materi ajar matematika semester II kelas IV sekolah dasar dikategorikan efektif dengan perolehan presentase skor angket respon peserta didik 90,4% .
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model 4-D, materi ajar matematika |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Rifaam Lizah |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 06:36 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 06:14 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5204 |
Actions (login required)
View Item |