"Pengembangan Modul Pembelajaran "Tempat Tinggalku" Berbasis Kearifan Lokal Gresik untuk Kelas IV MI. Al-Mathlabatul Khoiriyah"

Yani, Widi (2021) "Pengembangan Modul Pembelajaran "Tempat Tinggalku" Berbasis Kearifan Lokal Gresik untuk Kelas IV MI. Al-Mathlabatul Khoiriyah". Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering, Social Science, and Health International Conference (UMGESHIC), 1 (2). pp. 570-579. ISSN 2797-1058

[img] Text
Halaman Publikasi Jurnal - Widi Yani.pdf

Download (340kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
3428
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.

Download (23kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/umgeshic/articl...

Abstract

Widi Yani (170404003) Pengembangan Modul Pembelajaran “Tempat Tinggalku” Berbasis Kearifan Lokal Gresik Untuk Kelas IV MI. Al – Mathlabatul Khoiriyah. (Dibimbing oleh Bapak Arya Setya Nughroho, M.Pd. dan Bapak Nanang Khoirul Umam, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran “Tempat Tinggalku” di MI. Al-Mathlabatul Khoiriyah dan untuk mengetahui kevalidan modul pembelajaran materi kondisi geografis di MI. Al-Mathlabatul Khoiriyah. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian-4D, tetapi peneliti hanya menggunakan 3 tahap, yakni tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop). pada tahap develop, peneliti hanya melakukan validasi, revisi, dan uji coba modul pembelajaran kepada 10 peserta didik. Sehingga tekhnik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan validasi modul pembelajaran, serta penyebaran lembar angket respon kepada peserta didik yang berjumlah 10 peserta. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 validator ahli, yakni validator ahli bahasa, validator ahli materi, validator ahli kegrafikan, dan validator ahli budaya. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan modul pembelajaran “Tempat Tinggalku” berbasis kearifan lokal Gresik untuk kelas IV MI. Al- Mathlabatul Khoiriyah memenuhi indikator kelayakan yaitu: a) hasil validasi dari ahli bahasa memperoleh presentase sebesar 82,5% dengan kategori sangat layak, ahli materi memperoleh presentase sebesar 81,6% dengan kategori sangat layak, ahli kegrafikan memperoleh presentase 81,3% dan ahli budaya memperoleh presentase sebesar 96% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uraian tersebut, maka modul pembelajaran dan materi yang ada didalam modul pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model 4-D, modul pembelajaran materi kondisi geografis.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Widi Yani
Date Deposited: 04 Oct 2021 11:03
Last Modified: 10 Jan 2022 05:48
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5278

Actions (login required)

View Item View Item