RAHMATULLAH, FAJAR ALIF (2018) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Pada Rumah Sakit Islam Darus Syifa’ Benowo). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
bab 1.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (661kB) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
bab 5.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menganalisi tentang pengaruh kualitas layanan, harga, fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pasien, yang mana penelitian ini berlokasi pada Rumah Sakit Islam Darus Syifa’ Kecamatan Benowo Surabaya. Data dalam penelitian ini diperoleh dari jawaban responden terhadap kuisioner yang disebarkan oleh peneliti yaitu berjumlah 83 responden. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, harga, fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pasien terhadap kepusan pasien baik secara parsial maupun simultan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas layanan harga, fasilitas dan lokasi. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Kepuasan Pasien. Hipotesis yang peneliti rumuskan dalam penelitian ini adalah bahwa kualitas layanan harga, fasilitas dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien baik secara parsial maupun simultan. Alat analisis yang digunakan adalah dengan model regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F, keduanya pada angka probabilitas significant dibawah 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa variabel bebas yakni kualitas layanan, harga dan lokasi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien. Namun untuk variabel fasilitas dari hipotesis tidak terbukti secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kemudian untuk hasil uji secara simultan seluruh variabel kualitas layanan, harga, fasilitas dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien, dengan angka probabilitas significant dibawah 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diharapkan Rumah Sakit Islam Darus Syifa Benowo meningkatkan mutu dan kualitas dari sektor kualitas layanan, harga, fasilitas, dan lokasi. Karena hal tersebut akan mendorong pasien untuk menjalin hubungan yang kuat antara pasien dengan Rumah Sakit Islam Darus Syifa Benowo, yang pada akhirnya akan menciptakan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Islam Darus Syifa Benowo Surabaya.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Management Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 00:29 |
Last Modified: | 15 Mar 2019 07:08 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/530 |
Actions (login required)
View Item |