PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF BELANJA ONLINE PADA KARYAWAN DEPARTMENT STORE

Pangkaca, Nilam (2021) PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF BELANJA ONLINE PADA KARYAWAN DEPARTMENT STORE. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2 (7). pp. 1177-1187. ISSN 2723-6692

[img] Text
Lembar Publikasi Jurnal Nilam.pdf

Download (371kB)
Official URL: https://jiss.publikasiindonesia.id/index.php/jiss/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran pengendalian diri terhadap pembelian impulsif pada karyawan Department Store. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji atau mengetahui pengaruh antara dua variabel, yaitu variabel kontrol diri dan variabel pembelian impulsif. Penelitian ini melibatkan 68 karyawan Department Store (3 karyawan pria dan 65 karyawan wanita). Metode penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling, dengan sampel jenuh. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi non linier, proses analisis dibantu dengan SPSS 25.0 for Windows. Hasil regresi yang digunakan untuk memprediksi variabel Y, hasil tabel ANOVA atau uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 121,383, tingkat signifikansi (p) 0,00 < 0,05 dengan persamaan garis regresi Y = 73,491 -0,547 X adalah self- kontrol untuk memprediksi pembelian impulsif belanja online. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh negatif dengan koefisien determinasi R Square sebesar 0,648. Artinya R = 64,8% artinya pengendalian diri memiliki kontribusi efektif terhadap pembelian impulsif pada karyawan Department Store sebesar 64,8%, sedangkan sisanya 35,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengendalian diri; pembelian impulsive
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Nilam Pangkaca
Date Deposited: 07 Dec 2021 08:10
Last Modified: 07 Dec 2021 08:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5423

Actions (login required)

View Item View Item