Efendi, Mochammad Arif (2021) PENGUKURAN TINGKAT KESENJANGAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK MENGGUNAKAN ELECTRONIC SERVICE QUALITY. UMGCINMATIC, 1 (2). ISSN 2775-850
|
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal - Moch. Arif Effendi.pdf Download (485kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
2067 Restricted to Repository staff only Download (3kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu hal penting kehidupan dalam rangka mengembangkan potensi diri manusia dan menambah mutu Sumber Daya Manusia (SDM). Universitas Muhammadiyah Gresik merupakan salah satu lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Dalam pengelolaan Universitas Muhammadiyah Gresik sudah menggunakan sistem informasi di bidang akademik. Sistem informasi akademik yang digunakan oleh Universitas Muhammadiyah Gresik sudah berjalan tetapi masih dijumpai beberapa kendala untuk itu penulis tertarik untuk menganalisis kualitas pelayanan sistem informasi akademik dimana bertujuan untuk perbaikan sistem informasi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif dengan menyebarkan kuisioner kepada 400 mahasiswa namun yang mengisi google form sejumlah 200 mahasiswa. mahasiswa aktif semester 6 Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Gresik. Teknik pengukuran data yang digunakan dalam kuisioner adalah dengan menggunakan skala linkert. Uji validitas yang dipakai di penelitian ini yaitu Confirmatory Factor Analisis (CFA) dengan varimax rotation, sedangkan Uji reliabilitas dilakukan dengan melihat hasil Cronbach Alpha Coefficient. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan dengan menggunakan kuesioner dalam mengukur kesenjangan (gap) kepuasan pengguna dengan menggunakan metode elektronik service quality bahwa Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Gresik belum memberikan pelayanan yang maksimal dalam bentuk fulfillment dan efficiency bagi pengguna Sistem Informasi Akademik, sedangkan pengukuran tingkat kesenjangan kepuasan pengguna secara menyeluruh dengan menggunakan nilai CSI (Customer Satisfaction Index) terhadap 200 responden adalah sebesar 79 % . Berdasarkan hasil CSI tersebut maka dapat diketahui bahwa kualitas layanan sistem informasi akademik Universitas Muhammadiyah Gresik sudah baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Management |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Management |
Depositing User: | Mochammad Arif Efendi |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 08:09 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 08:09 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5492 |
Actions (login required)
View Item |