IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DARING PADA KELAS INKLUSI SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI GRESIK

Murni, Murni (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DARING PADA KELAS INKLUSI SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI GRESIK. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DARING PADA KELAS INKLUSI SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI GRESIK, 1 (1). pp. 93-111.

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (124kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
136
Restricted to Repository staff only until 20 April 2027.

Download (26kB)
Official URL: http://journal.stitmupaciran.ac.id/ojs/index.php/m...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model kurikulum, pelaksanaan pembelajaran PAI, dan evaluasi dari Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Inklusi Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid19 Di SMP Muhammadiyah 4 Giri Gresik. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, siswa ABK, Wali Murid. Berdasarkan analisis data diketahui hasil penelitian bahwa implementasi pembelajaran PAI meliputi 3 proses yaitu model kurikulum, pelaksanaan pembelajaran , dan evaluasi. Model kurikulum berupa pendataan kondisi dan nomor telepon siswa lalu membuat grup WhatsApp, menyiapkan rancangan perencanaan pembelajaran (RPP) sesuai dalam kurikulum kelas inklusi, menyiapkan bahan materi, menentukan media pembelajaran. Pelaksanaan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup pembelajaran. 1) Kegiatan pendahuluan berupa mengisi absensi melalui WA grup dan penyampaian tujuan pembelajaran pada WA grup dan Video Call, 2) kegiatan inti berupa penyampaian materi, sesi tanya jawab dan diskusi, 3) kegiatan penutup berupa penarikan kesimpulan dan penugasan. Penilaian yang dilakukan berupa penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. 1) Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil tes pilihan ganda/uraian, diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan, 2) Penilaian keterampilan dilihat dari hasil penugasan praktek mengaji, bacaan do’a sehari-hari, mempraktikkan hasil capaian pembelajaran. Implementasi PAI pada kelas inklusi berbasis daring menjadikan kegiatan pembelajaran tetap dapat dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus,Inklusi,Daring
Subjects: Islamic Religion > Islamic
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Murni Murni
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:02
Last Modified: 09 Jun 2022 04:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5852

Actions (login required)

View Item View Item