APLIKASI PENJADWALAN PELAJARAN DENGAN METODE ALGORITMA GENETIKA

RAHAYU, FRIN DWI SETIYA (2018) APLIKASI PENJADWALAN PELAJARAN DENGAN METODE ALGORITMA GENETIKA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
10-Intisari.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (89kB)

Abstract

Mata Pelajaran merupakan salah satu hal terpenting bagi pendidikan siswa-siswi guna menambah ilmu pengetahuan, penjadwalan mata pelajaran MI Wasilatut taqwa dilakukan pada setiap pergantian semester. Dalam proses penjadwalan sering mengalami kendala seperti, Guru mengajar lebih dari satu kali pada hari dan waktu yang bersamaan dan kelas yang mengikuti mata pelajaran lebih dari satu kali pada hari dan waktu yang bersamaan, sebagai alat bantu untuk menyelesaikan masalah yang ada pada penjadwalan pelajaran disesuaikan dengan beberapa batasan, antara lain guru tidak boleh mengajar lebih dari satu kali pada hari dan waktu yang bersamaan dan satu kelas tidak boleh mengikuti pelajaran lebih dari satu kali pada hari dan waktu yang bersamaan. Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan penjadwalan adalah algoritma Genetika. Algoritma genetika adalah suatu algoritma pencarian yang berbasis pada mekanisme seleksi alam dan genetika, yang diadopsi dari teori evolusi. Dari hasil pegujian dengan menggunakan parameter jumlah generasi 100, jumlah populasi 4, probabilitas crossover 0.45 dan probabilitas mutasi 0.01 mendapatkan fitness terbaik 0.143

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 08 Nov 2018 12:30
Last Modified: 08 Mar 2019 06:13
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item