Implementasi Metode Tilawati dalam Membaca Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al Abror Gembyang Kebomas Gresik

Zahro, Niswatuz (2022) Implementasi Metode Tilawati dalam Membaca Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al Abror Gembyang Kebomas Gresik. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 1 (1). ISSN 2828-8068

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL (1).pdf

Download (204kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
138
Restricted to Repository staff only until 22 September 2027.

Download (26kB)
Official URL: http://journal.stitmupaciran.ac.id/ojs/index.php/m...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran al- Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Abror. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan latar penelitian di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Abror, subyek penelitiannya adalah santri Tilawati jilid 2 yang setiap kelompoknya berjumla 15 santri. Peneliti melakukan observasi terhadap aktivitas guru meliputi pelaksanaan kegiatan pembuka, pelaksanaan kegiatan inti, pendekatan pembelajaran oleh guru, penataan kelas pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi, selain observasi aktivitas guru, peneliti juga mengamati aktivitas santri dalam pembelajarn meliputi kelancaran membaca Al-Qur’an santri. Penerapan metode Tilawati di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Abror secara keseluruh sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh lembaga Tilawati, namun terdapat beberapa hal yang disesuaikan dan dikombinasikan dengan keadaan dan program di TPQ, seperti pada saat pembelajaran belum diberikannya materi menulis dan materi penunjang hafalan doa-doa, pada kelas khusus diterapkan metode tambahan yaitu metode privat. Meskipun demikian, penerapan metode Tilawati pada pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Abror tetap sesuai dengan ketentuan dan prinsip dasar Tilawati.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Membaca Al-Qur'an, TPQ
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Niswatuz ' Zahro
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:36
Last Modified: 22 Sep 2022 03:36
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6503

Actions (login required)

View Item View Item