PENGARUH PEMBELAJARAN JEOPARDY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UPT SD NEGERI 30 GRESIK

Syahro, Nur Laili Alfi (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN JEOPARDY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UPT SD NEGERI 30 GRESIK. AL-ASHR : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7 (2). pp. 120-132. ISSN p-ISSN: 2502-8383 / e- ISSN: 2808-3954

[img]
Preview
Text
2018_TA_PGSD_180404045_HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
1697
Restricted to Repository staff only until 27 October 2027.

Download (32kB)
Official URL: http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/...

Abstract

Keterampilan berbicara tidak hanya berperan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, tetapi juga berperan penting dalam pembelajaran lainnya, sehingga perlu dikembangkan demi keberhasilan peserta didik dalam pendidikan dan dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Jeopardy pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV terhadap keterampilan berbicara. Penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV yang berjumlah 50 peserta didik yaitu kelas IV A yang berjumlah 25 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 25 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes keterampilan berbicara berbentuk lembar teks cerita yang valid dan reliabel. Untuk pengujian hipotesis penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t aspek pelafalan diperoleh thitung = 0,198 sedangkan dari hasil uji t aspek intonasi diperoleh thitung = 0,000, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil ini menunjukan bahwa pembelajaran jeopardy berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SD 30 Negeri Gresik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Jeopardy, Keterampilan Berbicara
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nur Laili Alfi Syahro
Date Deposited: 27 Oct 2022 09:09
Last Modified: 27 Oct 2022 09:09
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6691

Actions (login required)

View Item View Item