PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MY OBLIGATIONS AND RIGHT BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA SUBTEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH PADA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Syarifah, Ihdah Luthfiyatus (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MY OBLIGATIONS AND RIGHT BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA SUBTEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH PADA KELAS 3 SEKOLAH DASAR. AL-ASHR : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7 (2). pp. 133-149. ISSN p-ISSN: 2502-8383 / e- ISSN: 2808-3954

[img]
Preview
Text
2018_TA_PGSD_180404061_Halaman Persetujuan Publikasi (1).pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
1726
Restricted to Repository staff only until 27 October 2027.

Download (32kB)
Official URL: http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada Subtema Kewajiban dan Hakku di Rumah Kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan media pembelajaran yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu model 4-D, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), dan tahap pengembangan (Develop). Alasan peneliti tidak melaksanakan tahap akhir pada model penelitian 4-D karena keterbatasan waktu dan biaya yang digunakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi media pembelajaran, angket respon peserta didik, tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti, didapatkan pengembangan media pembelajaran My Obligations and Right berbasis macromedia flash sesuai dengan indikator keberhasilan media pembelajaran, yaitu: a) hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan validator (2 guru dan 2 dosen teknik informatika) dengan memperoleh rata-rata 82,5. Maka, media pembelajaran dikategorikan valid, b) hasil rata-rata respon peserta didik mendapatkan presentase skor angket respon peserta didik sebesar 80,74%. Maka, media pembelajaran sangat baik digunakan dalam pembelajaran, c) hasil efektifitas media pembelajaran dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,89%. Maka, media pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash, My Obligations And Right
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ihdah Luthfiyatus Syarifah
Date Deposited: 27 Oct 2022 08:38
Last Modified: 27 Oct 2022 08:38
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6699

Actions (login required)

View Item View Item