Ahyan Yusuf Sya’bani, Muhammad (2017) KONSEPTUALISASI PENDIDIKAN DALAM PANDANGAN ALIRAN FILSAFAT EKSISTENSIALISME (Telaah Implikatif Persepsi Aliran Filsafat Eksistensialisme terhadap Dunia Pendidikan). Tamaddun. pp. 183-196. ISSN 1693-3941
|
Text
artikel ahyan.pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini ialah filsafat eksistensialisme adalah salah satu dari pendatang baru dalam belantika filsafat. Filsafat eksistensialisme hampir seluruhnya adalah produk abad XX. Eksistensialisme pada hakikatnya adalah merupakan aliran filsafat yang bertujuan mengembalikan keberadaan umat manusia sesuai dengan keadaan hidup asasi yang dimiliki dan dihadapinya. Oleh karena itu pendidikan merupakan aktivitas manusia yang terus dilaksanakan sepanjang masa maka dibutuhkan kajian konsep pendidikan menurut filsafat eksistensialisme. Kemudian penelitian ini menghasilkan konsep pendidikan perspektif filsafat eksistensialisme yaitu 1) tujuan pendidikan, mendorong setiap individu agar mampu mengembangkan semua potensinya untuk pemenuhan diri; 2) pendidikan dan sekolah, pendidikan berfungsi sebagai upaya memelihara, mengawetkan dan meneruskan warisan budaya dan sekolah bertugas mendidik anak agar menentukan pilihan dan keputusan sendiri dengan menolak otoritas orang lain; 3) peranan pendidik/guru, guru berperan melindungi dan memelihara kebebasan akademik; 4) tugas anak didik, siswa bebas memilih apa yang mereka pelajari dan bagaimana mempelajarinya serta siswa harus bebas berpikir dan mengambil 2 keputusan sendiri secara bertanggungjawab; 5) kurikulum, menekankan pada individu sebagai sumber pengetahuan tentang hidup dan makna; 6) materi pembelajaran, mencakup teori, konsep, generalisasi, prinsip, prosedur, fakta, istilah, contoh/ilustrasi, definisi, dan preposisi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Education, existentialism |
Subjects: | Islamic Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 07:18 |
Last Modified: | 25 Apr 2018 07:18 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/68 |
Actions (login required)
View Item |