Sya’bani, Mohammad Ahyan Yusuf Kualifikasi dan Tanggung Jawab Pendidik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Qur’an-Hadits. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 9 (2). ISSN 2549 - 0036
|
Text (Artikel Publikasi)
Moh Ahyan Yusuf Sya'bani-Tadarus Jurnal Pendidikan Islam Vol 9 No 2 2020.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Konteks pendidikan terutama dalam pendidikan Islam, tentunya memandang penting untuk mencapai suatu tujuan pendidikan, seorang pendidik menjadi tokoh utama dalam mengantarkan peserta didik untuk sukses mencapai tujuan pendidikan. Pendidik yang dikenal juga sebagai seorang guru merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap setiap perkembangan peserta didik dalam menuntut ilmu. Begitu sentral dan pentingnya posisi seorang guru dalam dunia pendidikan, maka Islam dalam ajarannya juga sangat menghormati dan menjunjung tinggi profesi sebagai seorang pendidik yang banyak dijumpai dalam ayat-ayat al-Qur`an maupun teks-teks Hadits. Berdasarkan alasan tersebut, maka dirumuskan suatu permasalahan untuk melihat lebih dalam bagaimana perspektif al-Qur’an dan Hadits tentang kualifikasi dan tanggung jawab pendidik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa dalam al-Qur’an dan Hadits terdapat kualifikasi dan tanggung jawab pendidik yang terdiri dari murabbī, mu’allim, muaddib, mursyid, mudarris, mutlī, dan muzakkī. Kualifikasi pendidik tersebut sebelumnya telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam mendidik umatnya sehingga Nabi Muhammad SAW merupakan contoh pendidik utama bagi umat manusia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur`an, Hadits, Pendidik |
Subjects: | Islamic Education Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:37 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:37 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7088 |
Actions (login required)
View Item |