Profil Pemahaman Konsep Peserta Didik Autism Spectrum Disorder (ASD) Pada Materi Geometri Di SLBN Cerme

Septyaningrum, Devi (2023) Profil Pemahaman Konsep Peserta Didik Autism Spectrum Disorder (ASD) Pada Materi Geometri Di SLBN Cerme. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3 (2). pp. 122-129. ISSN 2723-0600

[img]
Preview
Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL New.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
4896

Download (40kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/articl...

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang melatih untuk berpikir geometris. Untuk mengembangkan cara berpikir geometris perlu pemahaman konsep yang matang. Pentingnya belajar geometri sebagai sarana untuk mengembangkan konsep matematika lainnya. Peneliti menggunakan teori Anderson & Karthwohl tentang komponen pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian ekploratif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara utuh tentang pemahaman konsep peserta didik ASD dengan tingkat intelegensi rendah pada materi geometri di SLBN Cerme. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh deskripsi pemahaman konsep sebagai berikut: (1) menafsirkan, Subjek menginterprestasikan persegi seperti tahu dan persegi panjang seperti papan tulis; (2) memberi contoh, subjek memberikan contoh persegi dan persegi panjang dengan menggambar bangun yang tidak sesuai dengan sifat persegi dan persegi panjang; (3) menggolongkan, subjek menggolongkan bangun yang termasuk persegi, persegi panjang maupun bukan kedua-duanya; (4) meringkas, subjek menyebutkan secara sederhana tentang ciri-ciri persegi dan persegi panjang; (5)menyimpulkan, subjek menyimpulkan tentang pengertian persegi dan persegi panjang berdasarkan pengamatan; (6) membandingkan, subjek mengungkapkan tentang persamaan dan perbedaan persegi dan persegi panjang; (7) menjelaskan, diharapkan pada indikator ini subjek dapat mengkonstruk hubungan sebab akibat antar konsep geometri (persegi dan persegi panjang).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, ASD dan Geometri
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Devi Septyaningrum
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:16
Last Modified: 02 Feb 2023 03:16
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7190

Actions (login required)

View Item View Item