ZUMAROH, MASKHUROTIN (2018) INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.
|
Text
bab 1.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
|
Text
bab 5.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan yang muncul dalam kegiatan belajar mengajar yang selama ini ada di SMP YPI Darussalam 1 Cerme yaitu kurangnya interaksi peserta didik. Hal ini dikarenakan belum optimalnya penggunaan model pembelajaran disekolah tersebut, kurangnya interaksi peserta didik mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian di SMP YPI Darussalam 1 Cerme dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnomatematika pada materi bangun datar. Penggunaan model pembelajaran ini diharapkan bisa meningkatkan interaksi peserta didik dan hasil belajar didik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Penelitian dilakukan di SMP YPI Darussalam 1 Cerme tahun pelajaran 2017 – 2018 dengan jumlah peserta didik yang sebanyak 26 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen checklist dan instrumen tes. Instrumen checklist berupa kolom pengisian yang meliputi aspek kontak sosial, komunikasi, kerjasama, persaingan, penyesuaian diri, dan asimilasi. Hasil pengisisan checklist yang berupa skor, selanjutnya akan dihitung untuk mengetahui interaksi peserta didik . Sedangkan instrumen tes berupa soal uraian yang berjumlah 5 soal, hasil tes peserta didik akan digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) tingkat interaksi peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnomatematika secara keseluruhan adalah 69% dengan kategori cukup baik.; (2) Dari 26 peserta didik,terdapat 7 peserta didik yang tidak tuntas dan 19 peserta didik yang telah tuntas. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa tingkat ketuntasan belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnomatematika adalah 73% , sehingga secara klasikal dinyatakan tuntas.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 10:06 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 01:46 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/723 |
Actions (login required)
View Item |