The Influence of Marketing Knowledge, Market Orientation and Marketing Capabilities Towards Marketing Performance in UMKM

sukaris, sukaris and Faridatuz, Zaricha (2018) The Influence of Marketing Knowledge, Market Orientation and Marketing Capabilities Towards Marketing Performance in UMKM. In: SEMINAR NASIOANAL KONFERENSI WORKSHOP DAN PENGABDIAN INOVASION TECHNOLOGY AND SOCIAL SCIENCE IN DISRUPTION ERA, Palembang 7‐ 8 Nopember 2018, FORUM MANAJEMEN INDONESIA KOORDINATOR WILAYAH SUMATERA SELATAN.

[img]
Preview
Text
Prosiding Forum Manajemen Indonesia ke 10 Palembang.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://fmi.or.id/

Abstract

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara terutama untuk negara-negara berkembang. Peran penting ini harus dilihat dari kemampuan dan kinerja pemasaran, jika mereka memiliki kinerja pemasaran yang baik, UMKM memiliki peluang untuk berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan pemasaran, orientasi pasar dan kapabilitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran UMKM di Gresik. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer yang berasal dari sampel para pelaku UMKM di Gresik. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengetahuan pemasaran dan kapabilitas pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran di UMKM Gresik. Sedangkan untuk variabel orientasi pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. bahwa dengan tidak berpengaruhnya orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, adalah mungkin bahwa penggunaan indikator variabel ini tidak tepat dalam mengukur orientasi pasar karena indikator lebih tepat untuk digunakan di perusahaan bukan UMKM. Penelitian masa depan perlu mengevaluasi ini, dan mempertimbangkan penggunaan sumber daya perusahaan secara terkoordinasi untuk menciptakan nilai unggul bagi pelanggan sasaran dan juga mempertimbangkan variabel yang terkait dengan era digital dan perubahan dalam era revolusi industri 4.0.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Economic And Business > Management
Divisions: Prociding > Faculty of Economic and Business
Depositing User: sukaris - -
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:54
Last Modified: 14 Mar 2019 01:49
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item