Pratiwi, Hesty Eka Gambaran Pengungkapan Diri Melalui WhatsApp Stories Pada Remaja Broken Home. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (3). pp. 137-144. ISSN 2685-9351
|
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
4276 Download (35kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengungkapan diri melalui WhatsApp stories pada remaja broken home serta masuk dalam tipe apa dalam teori Johari Window. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan jumlah 2 subjek (1 orang perempuan dan 1 orang laki-laki) yang memiliki karakteristik sebagai berikut: remaja awal berusia 13-16 tahun, aktif menggunakan WhatsApp minimal 1 tahun terakhir dan mengalami perceraian orang tua. Teori yang digunakan adalah teori self-disclosure oleh Joseph Luft dan Hary Ingham (Johari Window). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semiterstruktur dan observasi partisipatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Hubberman. Kredibilitas data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji kredibilitas dengan jenis pengujian triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menyatakan bahwa perempuan lebih dapat mengungkapan dirinya daripada laki-laki. Maka dari itu, pengungkapan diri perempuan cenderung lebih tinggi daripada pengungkapan diri yang dilakukan oleh laki-laki. Analisis dengan menggunakan teori Johari Window menunjukkan bahwa remaja perempuan lebih terbuka ketika mengungkapkan diri, sedangkan remaja laki-laki lebih tertutup.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengungkapan Diri, WhatsApp, Broken Home |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Hesty Eka Pratiwi |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 04:04 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 04:04 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7623 |
Actions (login required)
View Item |