Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik pada Siswa TK A

Wardani, Dinda Kristina Hari (2022) Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik pada Siswa TK A. Jurnal Intensi: Integrasi Riset Psikologi, 1 (1). pp. 24-33.

[img]
Preview
Text
2023_TA JURNAL_PSI_190701024_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
2023_JURNAL_PSI_190701024.pdf.pdf

Download (311kB) | Preview
Official URL: https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/I...

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah pengembangan motorik halus. Berdasarkan hasil asessmen awal melalui observasi dan wawancara di TK A didapatkan data bahwa ada dua siswa yang mempunyai motorik halus yang tertinggal dibandingkan teman sekelasnya. Siswa tersebut menunjukkan bahwa masih belum bisa menggenggam krayon dengan benar, gerak mata belum bisa fokus, belum mampu menggunakan alat makan dengan benar, belum bisa melempar dan menangkap bola, dll. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari teknik mozaik terhadap peningkatan motorik halus. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain eksperimen pada penelitian ini yaitu one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 anak. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria subjek adalah anak berusia 4-5 tahun dan motorik halusnya tidak sesuai dengan standart perkembangan anak usia 4-5 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan teknik mozaik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa usia 4-5 tahun di TK X yang terlihat dari peningkatan skor postest yang pada subjek 1 didapatkan hasil indikator BSB pada pretest 0,0% dan pada posttest 7,31 % sedangkan subjek 2 didapatkan hasil indikator BSB pada pretest 0,0% dan pada posttest 6,65 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa teknik mozaik dapat meningkatkan motorik halus siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: motorik halus, teknik mozaik, siswa usia 4-5 tahun
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Dinda Kristina Hari Wardani
Date Deposited: 09 May 2023 02:27
Last Modified: 09 May 2023 02:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7766

Actions (login required)

View Item View Item