Afifah, Lailatul (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Analogi terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6 (2). pp. 1370-1375. ISSN 2614-8854
|
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
Artikel_Lailatul Afifah.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pembelajaran analogi terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two-group pretest and posttest design. Populasi penelitian terdiri dari semua siswa kelas III MI Miftahul Ulum Gresik. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan random sampling yang terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran analogi, sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Materi penelitian diperoleh melalui tes pilihan ganda dengan 20 soal, wawancara dan observasi di kelas. Berdasarkan hasil uji r square didapatkan hasil 70,5%. Hasil tersebut menunjukan bahwa adanya perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran analogi dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dilanjutkan dengan menghitung rata-rata kelas eksperimen 97,50 lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol 65,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir siswa yang diajarkan dengan analogi lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Model pembelajaran Analogi juga mengajarkan siswa untuk lebih aktif dan turut serta dalam pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Analogi, Keterampilan Berpikir Kreatif |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Lailatul Afifah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 04:45 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 04:45 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8063 |
Actions (login required)
View Item |