Hidayahti, Nur Afni (2023) Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Pasca Pandemi. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 8 (4). pp. 3097-3116. ISSN 2548-1398
|
Text
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
11789-Article Text-40636-1-10-20230510.pdf Download (261kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh pengetahuan investasi, manfaat investasi, motivasi investasi, modal minimal investasi dan return investasi terhadap minat investasi di pasar modal pasca pandemi pada mahasiswa aktif yang menempuh studi akuntansi dan manajemen di kota Gresik. Jenis penelitian ini adalah assosiatif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini mengunakan data primer dari kuesioner serta diukur menggunakan Skala Likert. Berdasarkan kriteria yang ada didapatkan 100 mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu jurusan akuntansi sebanyak 67 mahasiswa dan jurusan manajemen 33 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner kemudian diolah menggunakan program SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien manfaat investasi dan motivasi investasi bernilai postif tetapi tidak berpengaruh secara signifikan, variabel lain seperti pengetahuan investasi, modal minimal investasi dan return investasi memiliki pengaruh positif dan signifikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan investasi, Manfaat Investasi, Motivasi Investasi, Modal Minimal Investasi, Return Investasi, Minat Investasi |
Subjects: | Economic And Business > Accounting Economic And Business |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program Library of Congress Subject Areas > Accounting Study Program Accounting Study Program |
Depositing User: | Nur Afni Hidayahti |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 04:13 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 04:13 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8469 |
Actions (login required)
View Item |