Pengaruh Minat Kepercayaan Diri Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Mia Di Sma Muhammadiyah 06 Paciran

Najibah, Asmaul (2023) Pengaruh Minat Kepercayaan Diri Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Mia Di Sma Muhammadiyah 06 Paciran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4 (1). pp. 152-161. ISSN 2723-0600

[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
artikel.pdf

Download (545kB) | Preview
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/articl...

Abstract

Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya yaitu minat, bakat, dan kepercayaan diri, sedangkan faktor eksternal diantaranya yaitu faktor keluarga (cara orang tua mendidik), dan faktor sekolah (cara guru mengajar). Setiap peserta didik ingin mendapatkan prestasi belajar yang baik, tetapi untuk menghasilkan prestasi yang baik membutuhkan usaha. Penelitian ini termasuk jenis korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah 06 Paciran tahun 2020/2021 berjumlah 85 peserta didik yang terbagi menjadi 4 kelas dan peneliti mengambil dua kelas yang berjumlah 44 peserta didik sebagai sampel secara acak dengan cara diundi. Sebelum diundi peneliti melakukan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa pengaruh minat (X1), kepercayaan diri (X2), dan kreativitas (X3) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai P - Value (sig) . Hasil penelitian menggunakan uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel minat berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai P - Value (sig) , kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai P - Value (sig) , kreativitas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai P - Value (sig) . Koefisien determinasi menunjukkan bahwa persentase variabel X (minat, kepercayaan diri dan kreativitas) terhadap variabel Y (prestasi belajar) sebesar 88,7%. Artinya variabel prestasi belajar dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel minat, kepercayaan diri dan kreativitas, sedangkan sisanya 11,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak teliti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Minat, Kepercayaan Diri, Kreativitas, dan Prestasi Belajar
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Asmaul Najibah
Date Deposited: 17 Nov 2023 21:41
Last Modified: 17 Nov 2023 21:42
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item