Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Rme Materi Perkalian Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bawean

Nuzula, Nur Firdausi (2023) Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Rme Materi Perkalian Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bawean. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9 (3). pp. 167-174. ISSN 2460-8475

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL.pdf

Download (286kB) | Preview
Official URL: https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/v...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media scrpabook berbasis RME materi perkalian dengan harapan dapat membantu peserta didik meningkatkan pemahaman mengenai pemecahan masalah dengan benar, kondisi belajar yang aktif serta terciptanya media pembelajaran yang sesuai dengan lingkungan Bawean. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu : analisis, perencanaa, pengembangan, implementasi, evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bawean. Penelitian ini diambil pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) media scrapbook berbasis RME materi perkalian ini dikembangkan berdasarkan dengan 5 tahapan dalam model pengembangan ADDIE, 2) media scrapbook berbasis RME materi perkalian dinyatakan “Sangat Baik” oleh ahli media dengan perolehan nilai sebesar 82% dan oleh ahli materi dengan perolehan nilai sebesar 83%, 3) serta hasil angket respon peserta didik terhadap media scrapbook berbasis RME materi perkalian yang memperoleh hasil “Positif/Baik” dengan nilai 81%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, RME, Scrapbook Media
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nur Firdausi Nuzula
Date Deposited: 17 Oct 2023 05:29
Last Modified: 17 Oct 2023 05:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8854

Actions (login required)

View Item View Item