PENGARUH TINGKAT EFIKASI DIRI TERHADAP TINGKAT PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMP SWASTA X DI KAWASAN GIRI, GRESIK

FAJRIANTI, NADIA (2019) PENGARUH TINGKAT EFIKASI DIRI TERHADAP TINGKAT PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMP SWASTA X DI KAWASAN GIRI, GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Perilaku menyontek dapat diartikan sebagai segala macam kecurangan yang dilakukan pada saat tes dengan cara yang menyimpang dari peraturan dalam memperoleh suatu keuntungan, yakni memperoleh jawaban untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang mungkin diperoleh dengan kemampuan sendiri. Masa remaja merupakan suatu tahap perkembangan antara masa anak-anak dan masa dewasa yang ditandai oleh perubahan-perubahan fisik umum serta perkembangan kognitif dan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adaatautidaknya pengaruh efikasi diri terhadap perilaku menyontekpadasiswa SMP Swasta X di KawasanGiri, Gresik. Tipe penelitian ini analisiskorelasi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 155 yang diambil sampel sebanyak 110 siswa dengan taraf kesalahan 5%. Teknikpengumpulan menggunakanskalalikertdenganuji regresi sederhana. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment didapatkan hasil sebesar -560 dengan taraf signifikan 0.000. Artinya terdapat yang signifikanhubungan antara efikasi diri terhadapperilaku menyontek. Hasil uji regresi menunjukkan Y = 107.249 + (-0.511)X yang artinya nilai efikasi bertambah 1, maka nilai rata-rata perilaku menyontek akan berubah -0.511 atau setiap efikasi diri bertambah 1 maka nilai perilaku menyontek berkurang sebesar 0.511. Hasil R square menunjukkan angka sebesar 0.314 dengan kata lain 31.4% dari efikasi diri mempengaruhi perilaku menyontek dan 68.6% sisanya dijelaskan oleh sebab lain.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 19 Mar 2019 07:24
Last Modified: 19 Mar 2019 07:24
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item