PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

SURYA, MAULVI AMANDA (2019) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Komunikasi matematis adalah kemampuan peserta didik dalam menyampaikan ide atau gagasan secara tertulis melalui gambar, simbol, grafik, atau benda nyata dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Arikunto. Tahapan penelitian dalam penelitian ini adalah persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah 1 Gumeno yang berjumlah 14 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan realistik dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika dengan nilai Gain sebesar 0,310. Hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik mampu menjelaskan ide, situasi, dan narasi matematis secara lisan dan tulisan menggunakan benda nyata, grafik, gambar, dan ekspresi aljabar, melukiskan atau mengekspresikan benda nyata, gambar, dan diagram dalam bentuk ide atau simbol matematika, serta menyatakan peristiwa sehari-hari dalam simbol atau bahasa matematika dengan baik. Namun peserta didik masih kurang dalam menyusun konjektur, menyusun argument, merumuskan definisi, dan generalisasi serta mengungkapkan kembali suatu paragraf atau uraian matematika dalam bahasa sendiri.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 05 Apr 2019 01:39
Last Modified: 05 Apr 2019 01:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item