Analisis Representasi Bangun Ruang Kubus Oleh Peserta Didik

Mahardika, Ahmad Aqil (2023) Analisis Representasi Bangun Ruang Kubus Oleh Peserta Didik. JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7 (1). pp. 1074-1080. ISSN 2614-8854

[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
Analisis Representasi Bangun Ruang Kubus Oleh Peserta Didik.pdf

Download (260kB) | Preview
Official URL: https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/...

Abstract

Kemampuan representasi matematis anak-anak yang tidak memadai mendorong penelitian ini. Oleh karena itu, peneliti ingin menjawab tantangan tersebut dan melakukan analisis yang lebih menyeluruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi kubus. Dalam matematika, geometri adalah subbidang. Pelajaran geometri di sekolah menengah sering kali memanfaatkan gambar-gambar benda nyata untuk membantu siswa lebih memahami konsep. Grafik mematuhi banyak aturan tak terucapkan. Tanpa pemahaman yang baik, kesepakatan ini bisa saja menyesatkan siswa dalam kaitannya dengan benda-benda geometri. Namun mereka mudah untuk dibuat sketsanya dan merupakan alat yang ampuh untuk mengatasi masalah geometri. Hal inilah yang mendasari penggambaran kubus dalam penelitian ini. Penelitian deskriptif kualitatif adalah inti dari penelitian ini. Tiga puluh siswa dari satu kelas dijadikan subjek dalam penelitian ini. Wawancara juga dilakukan peneliti kepada enam orang siswa yang dipilih dari subjek penelitian sesuai dengan nilai ujiannya. Wawancara, survei, dan bahan arsip (teknologi audiovisual) digunakan untuk mengumpulkan data. Mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan merupakan langkah-langkah dalam analisis data. Triangulasi teknis digunakan untuk menilai kebenaran data. Penelitian menunjukkan bahwa cara yang baik untuk memperlihatkan kubus adalah dengan gambar perspektif paralel. Dalam gambar seperti ini, dimensi rusuk bagian dalam tidak boleh lebih panjang dari lebar dan tinggi, serta sisi-sisinya harus sejajar dan identik. Meski begitu, bentuknya tidak akan tampak datar pada sekilas pandangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis; Representasi; Kotak
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Ahmad Aqil Mahardika
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:39
Last Modified: 13 Feb 2024 07:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9653

Actions (login required)

View Item View Item