Efania, Nur Afni (2023) Pengaruh Metode One Day One Page Terhadap Keterampilan Membaca Sekilas pada Buku Dongeng Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Simki Pedagogia, 6 (2). pp. 566-576. ISSN 2599-073X
|
Text
Surat Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
Pengaruh Metode One Day One Page Terhadap Keterampilan Membaca Sekilas pada Buku Dongeng Kelas 5 Sekolah Dasar.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2029. Download (208kB) |
Abstract
Rendahnya penerapan kegiatan literasi pada peserta didik membuat peneliti ingin mengembangkan kegiatan literasi membaca pada peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu pengembangan gerakan literasi sekolah dengan metode one day one page, untuk membuat keterampilan membaca cepat pada peserta didikmeningkat. Kegiatan ini membiasakan peserta didik untuk melakukan membaca buku 15 menit di awal pembelajaran. Gerakan literasi sekolah memiliki tiga tahap yaitu, tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Buku yang digunakan dalam gerakan literasi ini yaitu buku cerita dongeng cerita rakyat. Penerapan kegiatan literasi pada siklus II pertemuan 1 dan 2 menghasilkan peningkatan aktivitas peserta didik dalam kegiatan literasi, dan meningkatkan kemampuan memahami teknik membaca sekilas serta tingkat kepercayaan diri peserta didik. peserta didik juga lebih mudah menyelesaikan beberapa soal-soal tes yang sudah guru berikan. Dibandingkan dengan siklus I pertemuan 1 kurang meningkatkan aktivitas peserta didik. Dengan diterapkannya teknik membaca sekilas (Skimming) dengan metode one day one pagedapat meningkatan kemampuan memahami teks narasi dan juga meningkatkan kemampuan literasi membaca pada peserta didik di kelas V UPT SDN 22 Gresik. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif dengan digunakannya pendekatan deskriptif kualitatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | One Day One Page, MembacaSekilas, Buku Dongeng |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Nur Afni Efania |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 08:42 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 08:42 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9687 |
Actions (login required)
View Item |