Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Jarimatika Dan Paper Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Safitri, Mita Dwi (2023) Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Jarimatika Dan Paper Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1). pp. 1-14. ISSN 2477-2143

[img]
Preview
Text
halaman persetujuan publikasi jurnal (1).pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
2. Artikel Publish-Mita Dwi Safitri.pdf

Download (240kB) | Preview
Official URL: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/artic...

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dimana aktivitas guru pada materi perkalian dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media jarimatika dan PAPER (papan perkalian) pada siklus II dari persentase siklus 1 sebesar 79,1% menjadi persentase siklus 2 sebesar 94,44%. Siswa yang mengajukan pertanyaan pada siklus 1 dan 2 pertemuan pertama dan kedua sebesar 8,34% dan 30, 55%, kemudian dari siswa yang mengajukan jawaban pada siklus 1 dan 2 pertemuan pertama dan kedua sebesar 13,89% dan 25%, dan yang terakhir dari siswa yang mengerjakan soal pada siklus 1 dan 2 pertemuan pertama dan kedua sebesar 27,78% dan 100%. Dari hasil belajar siswa bahwa nilai maksimal siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat dari 75% menjadi 100%, nilai rata-rata kelas dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat dari 66,09% menjadi 94,68%, dan yang terakhir tingkat ketuntasan siswa meningkat dari 25% menjadi 100%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi, media jarimatika dan papan perkalian (paper), hasil belajar
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Mita Dwi Safitri
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:30
Last Modified: 14 Mar 2024 04:30
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9908

Actions (login required)

View Item View Item