Faktor-faktor Yang Mampengaruhi Perilaku Membuang Sampah Sembarangan Pada Siswa di MAN 2 Gresik Tahun 2023

Karyati, Anisa (2024) Faktor-faktor Yang Mampengaruhi Perilaku Membuang Sampah Sembarangan Pada Siswa di MAN 2 Gresik Tahun 2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
lembar orsinilitasd 1.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ANISA KARYATI.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: perilaku membuang sampah sembarangan 90% terjadi di lingkungan kelas dengan membuang sampah dalam laci meja. Tujuan: untuk menganalisis Berbagai faktor yang berpengaruh pada seberapa sering siswa membuang sampah sembarangan di MAN 2 Gresik tahun 2023. Metode: desain penelitian adalah survey cross sectional dengan pendekatan observasi. Populasi yang dipakai yakni keseluruhan siswa kelas X dan XI MAN 2 Gresik semester genap tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 729 peserta didik. Sebanyak 258 responden yang menjadi sampel dipilih secara acak. Variabel terikat ialah perilaku membuang sampah sembarangan, sedangkan variabel independennya adalah pengetahuan, sikap, dorongan dari guru, larangan dari sekolah, dan ketersediaan fasilitas. Survei adalah alat yang digunakan. Uji Analisis Regresi Linier Berganda digunakan. Hasil: pengetahuan siswa hampir seluruhnya baik yaitu 94,2%, sikap hampir seluruhnya memiliki respon positif yaitu 94,6%, ketersediaan sarana hampir seluruhnya memadai yaitu 95,0%, dorongan guru hampir seluruhnya tinggi yaitu 93,4%, dan peraturan sekolah hampir seluruhnya ada yaitu 93,4%. Hasil uji regresi linier berganda untuk pengetahuan (p value = 0,000), sikap (p value = 0,000), ketersediaan fasilitas (p value = 0,000), dorongan guru (p value = 0,656), dan peraturan sekolah (p value = 0,794). Kesimpulan: Faktor terpenting yang mempengaruhi perilaku membuang sampah sembarangan adalah sikap; dukungan dari guru dan kebijakan sekolah tidak berpengaruh terhadap kebiasaan tersebut. Pengetahuan, sikap, dan ketersediaan fasilitas semuanya berdampak pada perilaku membuang sampah sembarangan. Karena kebersihan adalah tugas bersama, terapkanlah sikap dan tindakan hidup sehat, terutama dalam hal membuang sampah sembarangan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, dorongan guru, peraturan sekolah, ketersediaan sarana, perilaku, membuang sampah sembarangan
Subjects: Health
Health > Public Health
Divisions: Faculty of Health > Public Health Study Program
Depositing User: Anisa Karyati
Date Deposited: 08 May 2024 04:28
Last Modified: 08 May 2024 04:28
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10207

Actions (login required)

View Item View Item