Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dasar Melalui Model STAD Pada Materi Alat Pernafasan Hewan dan Manusia

Luthfiah, Siti Zubaidah (2024) Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dasar Melalui Model STAD Pada Materi Alat Pernafasan Hewan dan Manusia. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Pernyataan Orisinalitas (Keaslian).pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Halaman Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB 5.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains dasar pada materi alat pernafasan hewan dan manusia melalui model STAD di kelas V UPT SDN 100 Gresik tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian ini sesuai dengan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam proses berdaur/siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SDN 100 Gresik tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan pada aspek keterampilan proses sains dasar dengan model STAD. Pada siklus I keterampilan proses sains dasar siswa diperoleh rata-rata 73,20% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 94,73% dengan ketegori sangat baik. Peningkatan ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yaitu secara klasikal 80% siswa berhasil menempati kriteria skor keterampilan proses sains dasar yaitu 76. Kata kunci : keterampilan, sains, STAD

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, sains, STAD
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Siti Zubaidah Luthfiah
Date Deposited: 14 May 2024 02:35
Last Modified: 14 May 2024 02:35
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10422

Actions (login required)

View Item View Item