Widuri, Kinanti Kusuma (2024) Analisis Kompetensi Sosio Emosional Siswa dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar David Kolb. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN LEMBAR PERYATAAN KEASLIAN SKRIPS.pdf Download (432kB) | Preview |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (147kB) |
||
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (288kB) |
||
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (444kB) |
||
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (461kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (247kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (391kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (422kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 10 October 2029. Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (164kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan bertujuan untuk memanusiakan manusia, membantu peserta didik mengembangkan potensi jasmani dan rohani, serta membentuk karakter sesuai dengan UU No. 20 tahun 2003 pasal 3. Kurikulum Merdeka di Indonesia mendukung "Merdeka Belajar," yang menekankan kebebasan belajar dan pengembangan bakat alami. Pembelajaran Sosio Emosional (PSE) atau Socio Emotional Learning (SEL) penting dalam mengembangkan kompetensi sosio dan emosional siswa, terutama dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menganalisis kompetensi sosio emosional siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya belajar David Kolb untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa pada kelas VII-E SMP Negeri 1 Gresik semester genap tahun pelajaran 2023/2024 terdapat 4 orang menjadi subjek penelitian diambil berdasarkan nilai tertinggi dari X dan Y. Metode pengumpulan data berupa angket gaya belajar david kolb dan lembar observasi sosio emosional siswa, penelitian mengidentifikasi bahwa siswa kelas VII-E memiliki berbagai gaya belajar menurut teori David Kolb: 5 diverger, 11 assimilator, 11 converger, dan 3 accommodator. Hasil penelitian menunjukkan: (1) siswa dengan gaya belajar diverger menunjukkan perkembangan sosio emosional yang sangat baik, terutama dalam aspek self-awareness, social awareness, dan responsible decision making, (2) siswa dengan gaya belajar assimilating mengalami perkembangan yang sesuai harapan, fokus pada self-awareness, self-management, dan responsible decision making, (3) gaya belajar converger menunjukkan perkembangan yang baik dalam aspek self-awareness, social awareness, dan relationship management, (4) Gaya belajar accommodator menunjukkan perkembangan yang baik dalam self-management, relationship management, dan responsible decision making. Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa meningkatkan kompetensi sosio-emosional mereka, mendukung perkembangan potensi secara optimal dan seimbang.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran sosial emosional, gaya belajar, Gaya Belajar David Kolb, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | Aljabar Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Kinanti Kusuma Widuri |
Date Deposited: | 03 Mar 2024 19:03 |
Last Modified: | 03 Mar 2024 19:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11284 |
Actions (login required)
View Item |