Sari, Fitri Indah (2024) Meningkatkan Motorik Halus Melalui Teknik Positive Reinforcement Dengan Media Playdough Pada Anak Usia 3 - 4 Tahun. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Persetujuan Skripsi.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan Skripsi.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Persetujuan Publikasi karya Ilmiah.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701021_Halaman Judul.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701021_Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701021_Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701021_Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
2024_TA_PSI_200701021_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
Text
2024_TA_PSI_200701021_Bab 5.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701021_Daftar Pustaka.pdf Download (976kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_200701021_Lampiran.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui teknik positive reinforcement dengan media playdough pada anak usia 3-4 tahun di Layanan Psikologi Psynergy Indonesia. Berdasarkan hasil pemeriksaan psikologi kemandirian sosial yang telah dilakukan ditemukan bahwa aspek yang kurang berkembang adalah aspek motorik halus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun yang melakukan pemeriksaan psikologi kemandirian sosial di Layanan Psikologi Psynergy Indonesia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 3 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen checklist, observasi, dan tes psikologi. Analisis data yang digunakan adalah trend analysis. Hasil analisis data menunjukkan titik akhir garis median (garis berwarna hitam) berada di atas titik akhir garis skor awal-akhir (garis biru) maka dapat dikatakan treatment yang dilakukan efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus. Hal ini juga dibuktikan pada skor total pretest-posttest bahwa tiap subjek mengalami peningkatan dan berdasarkan hasil follow up menggunakan tes psikologi VSMS juga diketahui bahwa adanya perubahan kemampuan motorik halus saat sebelum dan setelah pemberian intervensi sehingga dapat disimpulkan bahwa positive reinforcement dengan media playdough terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Layanan Psikologi Psynergy Indonesia. Implikasi dari penelitian ini adalah positive reinforcement dengan media playdough membuat anak menjadi lebih mandiri dalam melakukan aktivitas motorik halus. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan bagi peneliti selanjutnya untuk merancang intervensi yang lebih efektif dan terarah dalam meningkatkan motorik halus anak.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorik Halus, Positive reinforcement, Playdough |
Subjects: | Psychology > Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Fitri Indah Sari |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 17:04 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 17:04 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11327 |
Actions (login required)
View Item |