Pengembangan Sistem Pakar Tipe Gaya Belajar Siswa Menggunakan Metode Fuzzy Logic Tsukamoto Berbasis Web

Shobah, Bariza Nurus (2024) Pengembangan Sistem Pakar Tipe Gaya Belajar Siswa Menggunakan Metode Fuzzy Logic Tsukamoto Berbasis Web. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (874kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Gaya belajar merupakan hal yang penting untuk dipahami setiap orang. Gaya belajar yang sesuai dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Selain itu, gaya belajar juga dapat meningkatkan motivasi serta prestasi belajar. Terdapat tiga tipe gaya belajar yang umum dikenal yaitu Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditori, dan Gaya Belajar Kinestetik. Berdasarkan beberapa tipe gaya belajar tersebut tentunya setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tipe gaya belajar siswa dengan menggunakan metode Fuzzy Logic Tsukamoto. Dataset yang digunakan diambil dari kuesioner google form dimana pernyataan yang ada dalam kuesinoer bersumber dari buku “Modul Aplikasi Alat Tes Bimbingan dan Konseling”. Sebanyak 60 data yang diambil dari siswa dengan jenjang sekolah Perguruan Tinggi hingga siswa Sekolah Dasar. Penggunaan metode Fuzzy Logic Tsukamoto ini dipilih karena sistem kerjanya yang dapat menyesuaikan dengan penalaran manusia dan kondisi yang ada. Hasil penelitian menggunakan Fuzzy Logic Tsukamoto dengan 27 aturan menunjukkan bahwa penggunaan metode Fuzzy Logic Tsukamoto memiliki nilai akurasi sebesar 92% yang membuktikkan bahwa penggunaan metode Fuzzy Logic Tsukamoto dalam penentuan tipe gaya belajar tergolong sangat baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Fuzzy Logic Tsukamoto, Visual, Auditori, Kinestetik
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program
Depositing User: Bariza Nurus Shobah
Date Deposited: 02 Mar 2024 18:24
Last Modified: 02 Mar 2024 18:24
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11803

Actions (login required)

View Item View Item