Farisi, Arini Dwi Rahmawati Al (2024) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Open-ended. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMI.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (952kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (562kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan peserta didik dalam menyampaikan atau mengekspresikan suatu informasi melalui lisan maupun tulisan melalui bahasa matematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika open-ended tipe problem banyak cara penyelesaian dan juga banyak jawaban. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 13 Gresik Kecamatan Ujungpangkah. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Gresik sebanyak 70 peserta didik tahun ajaran 203/2024. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Metode tes digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Gresik dalam menyelesaikan masalah matematika open-ended. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat 16 peserta didik dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi dengan rata-rata persentase 87,69% dari keempat indikator kemampuan komunikasi matematis. Peserta didik dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal open-ended mampu memenuhi IDK 1 (indikator 1), IDK 2, IDK 3 dan IDK 4. Sebanyak 42 peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang dengan rata-rata persentase 53% dari semua indikator kemampuan komunikasi matematis. Peserta didik berkemampuan komunikasi sedang dalam menyelesaikan soal open-ended mampu memenuhi IDK 1 dan IDK 4, tetapi kurang mampu pada IDK 3 dan IDK 2. Sedangkan sebanyak 12 peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis rendah dengan rata-rata persentase 22% dari semua indikator kemampuan komunikasi matematis. Peserta didik dengan kemampuan komunikasi matematis rendah dalam menyelesaikan soal open-ended kurang mampu pada IDK 1, IDK 4, IDK 3 dan belum mampu pada IDK 2.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi matematis, open-ended |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Arini Dwi Rahmawati Al Farisi |
Date Deposited: | 12 Apr 2024 17:52 |
Last Modified: | 12 Apr 2024 17:52 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12089 |
Actions (login required)
View Item |