Pengembangan Media E-Comic Edukasi Tema Cita-Cita Ku Pada Materi Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar

Sofyah, Lilik (2024) Pengembangan Media E-Comic Edukasi Tema Cita-Cita Ku Pada Materi Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Pernyataan Keaslian.pdf

Download (381kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi (5).pdf

Download (428kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Ujian Skripsi (1).pdf

Download (333kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Tugas Akhir.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
2021_TA_PGSD_170404038_Halaman Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2021_TA_PGSD_170404038_Bab 1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2021_TA_PGSD_170404038_Bab 2.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2021_TA_PGSD_170404038_Bab 3.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
2021_TA_PGSD_170404038_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
2021_TA_PGSD_170404038_Bab 5.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2021_TA_PGSD_170404038_Daftar pustaka.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2021_TA_PGSD_170404038_Lampiran.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi menulis puisi pada pelajaran bahasa indonesia, hal ini dikarenakan belum tersedianya media pembelajaran khusus untuk bahasa indonesia. Sehingga berdampak pada kemampuan menulis puisi peserta didik. Kemampuan menulis merupakan salah satu empat dari aspek yang harus dikuasi oleh peserta didik dalam pelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan ecomic edukasi materi menulis puisi, (2) respon peserta didik terhadap e-comic edukasi materi menulis puisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan lima tahap model ADDIE yang meliputi Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), and Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi) dengan modifikasi peneliti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SD MUHAMMADIYAH 1 Menganti Gresik yang berjumlah 26 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil yang diperoleh yaitu, 1) e-comic edukasi dengan hasil validasi 92,01, , e-comic edukasi dikategorikan praktis karena validator menyatakan e-comic edukasi tersebut bisa digunakan dengan sedikit revisi, efektif, 2) e-comic edukasi dikategorikan efektif dengan perolehan persentase skor angket respon peserta didik 97,6%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model ADDIE, e - comic edukas
Subjects: Early Childhood Education
Education
Primary and secondary education
Divisions: Journal
Depositing User: Lilik Sofyah
Date Deposited: 24 Mar 2025 03:45
Last Modified: 24 Mar 2025 03:45
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12364

Actions (login required)

View Item View Item