Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Dengan Menggunakan Media Papan Flanel Pada Siswa Kelas 2 Di SDN Teguhan 1 Paron Ngawi

Rahmawati, Anita (2024) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Dengan Menggunakan Media Papan Flanel Pada Siswa Kelas 2 Di SDN Teguhan 1 Paron Ngawi. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS ( KEASLIAN ).pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu materi yang diajarkan di kelas rendah adalah tentang penguasaan konsep bilangan. Akan tetapi dalam kegiatan pembelajaran banyak guru yang mengalami kesulitan dalam memberikan materi konsep bilangan seperti halnya di SDN Teguhan 1 Paron Ngawi. Karena itu peneliti mengatasi permasalah ini dengan menggunakan media papan flanel. Dengan papan flanel siswa akan mampu mengelompokkan antara satuan, puluhan, dan ratusan pada tempat yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada siswa kelas 2 di SDN Teguhan 1 Paron Ngawi menggunakan media papan flanel. Pemahaman konsep bilangan merupakan fondasi penting dalam pembelajaran matematika di tingkat dasar yang memengaruhi kemampuan siswa dalam memahami operasi matematika lebih kompleks di masa depan. Media papan flanel dipilih karena kemampuannya untuk memberikan pengalaman visual dan manipulatif yang konkret, sesuai dengan karakteristik perkembangan kognitif siswa pada usia tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah pengembangan strategi pembelajaran matematika yang lebih efektif dan inklusif, terutama dalam konteks pendidikan dasar di Indonesia. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya integrasi media papan flanel dalam kurikulum pembelajaran matematika di SDN Teguhan 1 Paron Ngawi sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami konsep bilangan secara lebih mendalam. Kata Kunci : Konsep Bilangan, Media Papan Flanel

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Anita Rahmawati
Date Deposited: 17 Mar 2025 02:08
Last Modified: 17 Mar 2025 02:08
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12807

Actions (login required)

View Item View Item