Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Perangkat Multimedia Pada Kurikulum K-13 di Kelas IX SMP Muhammadiyah Cerme

Amalia, Aida Fitri Rizky (2022) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Perangkat Multimedia Pada Kurikulum K-13 di Kelas IX SMP Muhammadiyah Cerme. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (124kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text
halaman pernyataan publish jurnal kepentingan ajademis.pdf

Download (396kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (105kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu peranan penting dalam kehidupan. Salah satu pendidikan yang sangat penting dalam kehidupan manusia yaitu Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang mengajarkan bagaimana peserta didik berperilaku sesuai Al Qur’an dan As Sunnah. Perkembangan zaman yang terjadi pada saat ini yaitu dengan datangnya era Industri 4.0 membawa dampak positif dan negatif dalam dunia pendidikan. Terutama pembelajaran Pendidikan Agama Islam terus mengalami perkembangan dan perubahan terus menerus. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era Industri 4.0 memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap proses belajar mengajar. Pendidik pada saat ini dituntut untuk mendesain pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif yaitu melakukan pembelajaran dengan menggunakan multimedia. Pembelajaran dengan multimedia memberikan dampak yang baik bagi pendidik dan peserta didik. Kurikulum K-13 merupakan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menggantikan kurikulum sebelumnya. fokus penelitan yang sangat sederhana yaitu bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dengan perangkat multimedia pada kurikulum k-13 di kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Cerme? Metode penelitian ini mengambil pendekatan penelitian lapangan dan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang peneliti ambil dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti ambil aada beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Implementasi penggunaan perangkat multimedia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum k-13 merupakan suatu upaya dalam hal memperluas pembelajaran di SMP Muhammadiyah 7 Cerme dengan menggunakan komputer/laptop, android/smartphone, LCD/proyektor, youtube, video tutorial dan dipadukan dengan google classroom sangat membantu menjelaskan materi yang sudah diajarkan. Penerapan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan perangkat multimedia yang tertera dalam kurikulum k-13 mempunyai tujuan untuk membentuk karakter peserta didik yang rajin dalam beribadah, selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki, memiliki sopan santun kepada orang yang lebih tua, dan bertanggungjawab.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Learning, Islamic Religious Education, Multimedia, K 13 Curriculum
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Aida Fitri Rizky Amalia
Date Deposited: 20 May 2025 03:27
Last Modified: 20 May 2025 03:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13091

Actions (login required)

View Item View Item