Nadhifah, Lailatun (2024) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Lembar Kerja Peserta Didik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (765kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf Download (754kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (628kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada mata pelajaran matematika siswa SMP. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning dan kelas VII-D sebagai kelas eksperimen model Problem Based Learning. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,037 < 0,05 maka H_0 ditolak. Artinya, Pembelajaran dengan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan model Discovery Learning. Selain itu, hasil analisis tersebut didukung oleh nilai N-Gain score. pada kelas eksperimen adalah 0,73 kategori tinggi dan kelas kontrol 0,64 kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa peningkatan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning lebih besar daripada hasil belajar model pembelajaran Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep matematika, Problem Based Learning. |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Lailatun Nadhifah |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 03:22 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 03:22 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |