Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Lembar Kerja Peserta Didik

Nadhifah, Lailatun (2024) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Lembar Kerja Peserta Didik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (765kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf

Download (754kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada mata pelajaran matematika siswa SMP. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning dan kelas VII-D sebagai kelas eksperimen model Problem Based Learning. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,037 < 0,05 maka H_0 ditolak. Artinya, Pembelajaran dengan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan model Discovery Learning. Selain itu, hasil analisis tersebut didukung oleh nilai N-Gain score. pada kelas eksperimen adalah 0,73 kategori tinggi dan kelas kontrol 0,64 kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa peningkatan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning lebih besar daripada hasil belajar model pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep matematika, Problem Based Learning.
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Lailatun Nadhifah
Date Deposited: 19 Mar 2025 03:22
Last Modified: 19 Mar 2025 03:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13115

Actions (login required)

View Item View Item