Febiyani, Nabilah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Pembagian Dua Digit Siswa Kelas IV SD Almadany. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN) TULISAN.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 24 March 2030. Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dan pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi pembagian dua digit di SD Almadany Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberi perlakuan dan untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Almadany tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 54 siswa. Pengambilan sampel menggunakan pre-test dan post-test sebanyak 6 soal uraian. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diberikam model pembelajaran Discovery Learning meningkat, yaitu dari kategori Kurang menjadi Baik. Hasil inferensial menunjukkan kelompok data yang berdistribusi normal dan homogen, sehingga menggunakan uji paramterik yaitu independent sample dengan nilai Sig. 2 (tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi pembagian dua digit kelas IV di SD Almadany.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Discovery Learning, Matematika |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Nabilah Febiyani |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:31 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 03:31 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |