'Abid, 'Abid (2024) Analysis Of Road Section Performance Using The Indonesian Road Capacity Guidelines (PKJI) 2023 Method On The Manyar Highway. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Transportasi merupakan salah satu elemen penting dari suatu daerah perkotaan. Pertumbuhan penduduk yang sangat pesat menyebabkan meningkatnya tuntutan permintaan atas pengadaan, perbaikan dan pelayanan prasarana transportasi, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, salah satunya adalah infrastruktur jalan. Kemacetan yang terjadi di Kota Gresik salah satunya terdapat di ruas Jalan Raya Manyar. Ruas jalan tersebut banyak dilewati oleh masyarakat, karena daerah tersebut merupakan kawasan padat penduduk, pabrik dan daerah komersial. Seperti berhentinya kendaraan bermotor pada bahu jalan, pejalan kaki yang menyebrang sembarangan, keluar masuk kendaraan besar dalam pabrik, serta kendaraan yang parkir pada bahu jalan. Dari hasil analisis didapatkan volume arus lalu lintas berdasarkan perhitungan hasil survey didapatkan nilai tertinggi sebesar 3527,5 di titik lokasi 2 pada hari rabu pukul 16.00 17.00 dan nilai terendah sebesar 2189 dititik lokasi 1 pada hari minggu pukul 16.00-17.00 WIB. Volume arus lalu lintas berdasarkan perhitungan hasil survey didapatkan nilai rata rata di titik lokasi 1 sebesar 2722 smp/jam dan lokasi 2 sebesar 3115 smp/jam. Hambatan samping pada lokasi 1 pada saat survey didapatkan hasil kriteria hambatan samping yang tinggi dan untuk titik lokasi 2 yaitu kriteria rendah. Kecepatan arus bebas pada lokasi 1 saat analisis data didapatkan nilai sebesar sebesar 78 km/jam dan lokasi 2 sebesar 62 km/jam. Pada saat alternatif didapatkan sebesar 79 km/jam. Kapasitas ruas jalan pada lokasi 1 saat analisis data didapatkan nilai sebesar 8792 smp/jam dan titik lokasi 2 sebesar 4000 smp/jam. Kapasitas ruas jalan pada lokasi 2 saat alternatif didapatkan nilai sebesar 9155 smp/jam. Derajat kejenuhan pada lokasi 1 saat analisis data didapatkan nilai sebesar 0,309 dan lokasi 2 mendapatkan niai derajat kejenuhan sebesar 0,778. Derajat kejenuhan pada lokasi 2 saat alternatif 2 didapatkan nilai sebesar 0,3403. Waktu dan kecepatan tempuh mobil penumpang pada sat analisis titik lokasi 1 sebesar 0,020 jam, dan lokasi 2 sebesar 0,047 jam. Pada saat alternatif lokasi 2 ditemukan sebesar 0,030 jam. Dan derajat iringan hanya untuk jalan 2/2 T di lokasi 2 ditemukan nilai sebesar 0,848 dan setelah alternatif ditemukan nilai sebesar 0,609.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemacetan, Analisis Kinerja ruas jalan, PKJI 2023 |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program |
Depositing User: | Abid Abid |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:35 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:35 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |